ADAB - ADAB SEBELUM TIDUR

Adab-adab Sebelum Tidur


Banyak dari kita ketika sudah terlalu lelah karena bekerja di siang hari, maka ketika sampai rumah langsung berbaring di tempat tidur guna melepas lelah. 
doa tidur

Ya.. memang itu terasa enak, apalagi dengan beban kerja yang menumpuk disiang harinya. Bahkan ada juga yang sampai terlewatkan waktu solat karena saking capeknya. Namun sebagai manusia yang diberi akal dan pikiran kita tentunya dalam melakukan sesuatu harus dengan cara atau adabnya. Begitu pula mengenai tidur, sebagai seorang muslim maka kita telah diajarkan bagaimana tidur itu layaknya dilakukan dan apa saja yang mestinya dilakukan sebelum tidur.

Rosullulah SAW bersabda, dari aisyah ra.
"Wahai aisyah jangan engkau tidur sebelum melakukan empat perkara yaitu sebelum mengkhatamkan al-quran, sebelum membuat para Nabi memberimu syafaat di hari akhir, sebelum orang - orang muslim meridhoimu, dan sebelum melaksanakan haji dan umroh"

Aisyah pun bertanya kepada Rasullulah " Bagaimana aku bisa melakukan empat perkara itu dalam waktu yang singkat"

Rasullulah pun tersenyum dan bersabda " Jika engkau sebelum tidur bacalah surat Al-ikhlas 3x, maka itu seperti sudah mengkhatamkan Al-Quran, setelah itu bacalah sholawat untukku dan para nabi sebelum aku, maka kami semua akan memberi syafaat dihari kiamat, setelah itu beristighfarlah untuk orang-orang muslim maka mereka akan meridhoimu,  terakhir perbanyaklah membaca Tasbih, Takmir, Tahlil, dan Takbir maka seakan-akan kamu mengerjakan ibadah haji dan umroh".

Setelah melakukan empat perkara diatas kemudian kita baca doa sebelum tidur, dan sunah lainya yaitu dengan memirngkan badan kita ke sisi kanan.

Ini lah hal yang diajarkan Rasullulah SAW kepada para umatnya. Mulai dari hal kecil jika kita lakukan atas dasar ilmu maka semua akan bernilai ibadah. Mari semua niat untuk mengamalkan dan menyampaikan kepada saudara kita yang lain.

sumber image : storyofamirini.blogspot.com


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentar