GUNUNG LAWU

Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Jalur Cemoro Sewu
Pintu Masuk jalur Cemoro Sewu
Kali ini penulis mau berbagi informasi yang berkaitan dengan Gunung Lawu.
Gunung Lawu terletak di wilayah administratif provinsi Jawa Timur, Desa cemoro sewu, kecamatan plaosan, kabupaten magetan. 

Untuk jalur pendakian melalui 2 jalur, cemoro kandang dan cemoro sewu. dan penulis memilih jalur cemoro sewu karena lebih ramai, dan lebih mudah.

Gunung lawu sendiri memiliki bentuk bertype gunung api Maar, yaitu membentuk sebuah tanggul sekeliling lubang kepundan tidak memiliki kawah.

Karena penulis berangkat dengan rombongan dari jogja maka jalur yang ditempuh cukup lama sekitar 3 jam. menggunakan sepeda motor. dari jogja menuju solo, kemudian masuk jalur arah karang anyar, tawang mangu setelah itu lanjut menuju arah cemoro kandang di tawang mangu dan cemoro sewu di sarangan. dari arah ini kita akan melewati pintu masuk jalur cemoro kandang, karena kita akan menggunakan jalur cemoro sewu.

Berangkat dari jogja sekitar pukul 13.00 maka akan sampai di pintu bascamp cemoro sewu sekitar pukul 16.00 tanpa macet. Bila sampai pukul 16.00 maka kita masih bisa beristirahat di bascamp dan melanjutkan untuk mendaki setalah solat isa. biasanya begitu.

Jalur cemoro sewu memiliki 5 pos sampai di puncak. pos paling mudah adalah antara pos 4 menuju pos 5. mulai dari bawah menuju pos 1 kita sudah akan menemui jalur yang agak menjak dan beberapa jalan mendatar. Namun setelah pos 2 menuju pos 4 kita harus siap fisik karena medannya cukup berat, lebih menanjak dari pada yang lain, terutama menuju pos 4. 

Jalur pendakian gunung lawu melalui cemoro sewu sudah tertata rapi, dengan batuan alam yang ditata menjadi anak tangga.

Berikut beberapa dokumentasi penulis saat melakukan expedisi gunung lawu via cemoro sewu.

Pintu masuk cemoro sewu,, sebelah kanan adalah pos untuk beli tiket.
Setelah sampai di pos 3 kami mendirikan tenda, dan ini menu sarapan kami setelah beristirahat di malam hari.
pos 3 camp area
hamparan bukit yang terlihat dari pos 4 gunung lawu
 Ini di kalau gak salah di pos 4. dari sini kita bisa melihat telogo sarangan dan bukit - bukit yang berada di sekitar gunung lawu.
pos 4 






Jalur Bonus, hehee
Setelah berjalan cukup lama sampai juga di warung atas, setengah jam sebelum puncak. disini terdapat warung, yang biasa menjual makanan dan menyediakan tempat istirahat bagi para pendaki.
melepas lelah dengan sebait lagu 
Selesai makan dan beristirahat kami pun lanjut menuju puncak. perjalanan ke puncak dari warung ini kurang lebih sekitar 1/2 jam. yaa tergantung kondisi fisik juga sih..dan jika pas musimnya disepanjang jalur mulai dari warung sampai puncak kalian akan disajikan pemandangan indah bunga Edelwise bermacam warna. dan hanya di gunung ini edelwise dengan beragam warna. kalau gak salah ada 3 warna, putih, kuning, ungu.
tanjakan terakir sebelum puncak


alhamdulillah sampai di puncak gunung lawu

Action dikit dengan para leader. :-)
Demikian sedikit pengalaman penulis, semoga memberikan manfaat. Penulis bukan anggota Pecinta Alam, jadi mohon di maafkan bila ada kesalahan informasi. dan kesalahan saat melakukan pendakian. Penulis dan kawan-kawan hanyalah Penikmat Alam. Salam Lestari.

Untuk kisah perjalanan penulis yang lain bisa ditunggu update selanjutnya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
January 18, 2015 at 10:06 AM delete

4 warna om. merahnya ada tpi klo pas lagi bruntung,.

Reply
avatar
January 19, 2015 at 12:25 PM delete

wah iya kah..? maklum baru pemula, jadi belum begitu paham. bagus itu kalau ada warna merah. :-)

Reply
avatar

Komentar