INI ADALAH FAKTA KENAPA JOGJA ISTIMEWA

JOGJA ISTIMEWA


Kali ini team wakanimation akan mengekspost lagi mengenai Yogyakarta. Kota yang satu ini memang banyak sekali meyimpan arti yang bermakna, yang tak akan cukup kalau kita hanya berkunjung saja ke kota ini.
airwindows.blogspot.com
tugu jogja ( sumber image: kenaljogja.com )

Berdasarkan informasi yang didapat oleh team wakanimation dari salah seorang warga yogya, ia mengatakan bahwa kota Yogyakarta itu sudah sejak dulu istimewa, bahkan sejak mulai awal perancangan pembangunan sudah istimewa. kok bisa..?
team wakanimation semakin tertarik untuk mengetahui lebih dalam kenapa bisa istimewa sejak dari awal pembangunan.

"Ceritanya begini mas" kata orang yang tak mau disebutkan namanya tersebut mulai bercerita. "Jadi kalau mas nya tau Tugu jogja, Malioboro, Kantor Pos, Alun-alun, dan Keraton, itu sudah menunjukkan kalau Jogja istimewa loh mas". yang istimewa itu tidak cuman bangunan, dan tempatnya, tapi filosofi yang ditanamkan melalui Nama jalan sepanjang perjalanan dari Tugu kearah Keraton Yogyakarta itu yang membuat Yogya semakin istimewa.

Dari Tugu Jogja sampai Keraton ada 4 nama jalan,

1. Margo utomo ( mangkubumi )

Adalah nama jalan mulai dari Tugu sampai Rel. Nama ini memiliki makna bahwa manusia itu harus menentukan apa yang utama, yang menjadi tujuan hidupnya.

2. Malioboro

Adalah nama jalan mulai dari Rel sampai toko terang bulan di malioboro. Malioboro terdiri dari dua kata Mali dan Boro yang artinya kurang lebih adalah bekerja, berusaha. Jadi setelah kita tau tujuan hidup kita yang utama kita dituntut untuk berusaha, bekerja. 

3. Margomulyo

Adalah nama jalan dari Toko terang bulan sampai kantor pos. Nama jalan ini memiliki arti setelah kita berusaha yakin saja kalau kita bakalan menemukan kemulyaan / kesuksesan.

4. Panguraan

yang terakhir ini adalah nama jalan untuk sampai ke keraton. Panguraan artinya kegembiraan.
ini menandakan atas tujuan dan usaha kita bila dijalankan secara sungguh-sungguh pasti berakir dengan kemulyaan dan kegembiraan.

Dan satu hal yang perlu diketahui bahwa perancangan kota pada jaman dulu sudah diatur sedemikian rupa agar dunia dan akhirat bisa seimbang. Ini terbukti dari beberapa tempat umum dan tempat kerja selalu di dampingi dengan masjid. contohnya alun-alun, pasar, itu adalah tempat dunia, dan disampingnya pasti ada masjid. semua itu pertanda bahwa dalam kita mencari kehidupan dunia kita jangan sampai melupakan kehidupan akhirat. 

Mungkin info ini tidak semua orang tau, semoga bermanfaat. lain kali team wakanimation akan mengupas lebih dalam lagi tentang Yogyakarta yang istimewa. Sehingga slogan Jogja Istimewa benar bisa dirasakan oleh semua orang baik lokal maupun pendatang.

Jika ada kesalahan mohon maaf, semoga ada yang memberikan pencerahan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Komentar